Powered By Blogger

Romantika Perjuangan Bangsa

Kebesaran bangsa Indonesia dimulai semenjak kedaulatan Syailendra Sriwijaya dan Negara-negara keprabuan Majaphit. Dengan runtuhnya Majapahit, Indonesia dijajah berganti-ganti oleh bangsa. Sebagian daripada penderitaan yang disebabkan oleh penjajahan itu, maka terjadilah pergolakan-pergolakan untuk merebut kembali kemerdekaan. Pemberontakan-pemberontakan dipimpin oleh pahlawan-pahlawan Trunojoyo, Pattimura, Antasari, Imam Bonjol, Hasannudin, Diponegoro dll.
Karena perjuangan-perjuangan itu masih bersifat lokal, sendiri-sendiri, dan belum ada persatuan maka segala perjuangan tersebut belum mencapai hasil sebagaimana yang dicita-citakan.

Tanggal 20 Mei 1908 adalah dimulainya perjuangan baru, perjuangan Mensiagakan Rakyat. Maka itu dapat kita namakan masa SIAGA.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 dengan Sumpah Pemuda, diletakan dasar Penggalangan persatuan dan kesatuan. Maka ini dapat kita namakan PENGGALANG.

Pada tanggal 17 Agustus 1945 Ditegakkanlah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Masa ini dapat kita namakan PENEGAK.

Perjuangan selanjutnya mulailah mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, baik pembangunan mental maupun pembangunan fisik. Untuk itu, kita memerlukan pemimpin-pemimpin yang jujur dan bertanggungjawab, untuk memandegani pelaksanaan pembangunan, dalam rangka membina bangsa dan negara kita, terutama pemimpin yang dapat diandalkan. Kemudian segeralah kita mulai dengan pembangunan yang membutuhkan bantuan kesadaran yang tinggi dan penataan yang baik. Kita cari ramu ( bahan-bahan ) dari sana sini, Kita rakit ( susun ) dan akhirnya kita terapkan didalam praktek untuk melaksanakan usaha itu, maka membutuhkan bantara-bantara ( ajudan, pengawas, kader ) pembangunan yang kuat, baik, terampil dan bermoral Pancasila yang sanggup dan mampu melaksanakan pembangunan Bangsa dan Negara, serta memandeganinya ( mengelola,memanage ).

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang blog saya ini ?